Jumat, 04 Januari 2013

BOBBY DE PORTER (TEORI QUANTUM LEARNING)

Selama rentang waktu dua puluh tahun ini, Bobby DePorter telah menjalani peran
sebagai ibu rumah tangga hingga jutawan, kemudian ia menjadi pengusa ha yang sukses. Setelah menjadi seorang multijutawan ia bergabung dengan Stone mendirikan Burklyn Business School hingga Bobby bisa menghasilkan sebuah buku yang berjudul “Quantum Lerning”. Buku Quantum Learning ditulis oleh Bobbi DePorter dan Mike Hernacky. Bobbi dilahirkan dan dibesarkan di Seattle. Dia banyak belajar dari Dr.Georgi Lozanov, Bapak konsep belajar cepat (accelerated learning) dan menerapkan metodenya disekolah bisnis Burklyn dan berhasil dengan kesuksesan yang menakjubkan. Mike Hernacki, seorang mantan guru dan pengacara. Ia menjadi penulis lepas sejak 1979.

 Dia menulis tiga buku yaitu : The Ultimate Secret to Gretting Everything You Want, The Secret to Conquering Fear dan Forgotten Secret to Phenomenal Succes. Dia tinggal di San Diego.
Hal yang menarik dari temuan DePorter, selain metode adalah kepraktisan. Didalam bukunya terdapat beberapa teknik meningkatkan kemampuan diri. DePorter dengan jeli merevisi dan merangkaikan dengan potensi-potensi manusia lain sehingga metodenya menjadi mudah diterapkan.
Teori yang dikemukakan dalam buku ini adalah metode Quantum Learning. Quantum learning adalah seperangkat metode dan falsafah belajar yang terbukti efektif untuk semua umur. Quantum laerning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai “suggestology” atau “suggestopedia”. Prinsipnya adalah sugesti dapat dan
pasti mempengaruhi hasil situasi belajar dan setiap detil apapun memberikan sugesti positif ataupun negatif. Beberapa teknik yang digunakan untuk memberikan sugesti positif adalah mendudukan murid secara nyaman, memasang musik latar didalam kelas, meningkatkan partisipasi individu, menggunakan poster-poster untuk memberikan kesan besar sambil menonjolkan informasi dan menyediakan guru-guru terlatih baik dalam seni pengajaran sugestif.
Quantum learning mencakup aspek-aspek penting dalam program neurolinguistik (NLP) yaitu suatu penelitian tentang bagaimana otak mengatur informasi.Program ini meneliti hubungan antara bahasa dan prilaku dan dapat digunakan untuk menciptakan jalinan pengertian antara siswa dan guru. Para pendidik dengan pengetahun NLP mengetahui bagaimana menggunakan bahasa yang positif untuk meningkatkan tindakan-tindakan positif yang merupakan faktor penting untuk merangsang fungsi otak  yang paling efektif.Semua ini dapat menunjukkan dan
menciptakan gaya belajar terbaik dari setiap orang, dan menciptakan pegangan dari saat-saat keberhasilan yang meyakinkan.
Quantum learning didefinisikan sebagai interaksi-interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Rumus yang terkenal dalam fisika kuantum adalah Massa kali kecepatan cahaya kuadrat sama dengan Energi. Persamaan ini ditulis sebagai E=mc2.Tubuh kita secara fisik adalah materi.  Sebagai pelajar, tujuan kita adalah meraih sebanyak mungkin cahaya, interaksi, hubungan, inspirasi agar menghasilkan energi cahaya. Quantum learning menggabungkan sogestologi,
teknik pemercepatan belajar dan NLP dengan teori, keyakinan, dan metode penulis sendiri.
Termasuk diantaranya konsep-konsep kunci dari berbagai teori dan strategi belajar lain, seperti:
a.  Teori otak kanan/kiri
b.  Teori otak trinue (3 in one)
c.  Pilihan modalitas (visual, auditorial, dan kinestetik)
d.  Teori kecerdasan ganda
e.  Pendidikan holistik (menyeluruh)
f.   Belajar berdasarkan pengalaman
g.  Belajar dengan simbol (Metaphoric learning)
h.  Simulasi atau permainan
Faktor-faktor yang mempengaruhi cara belajar pada metode Quantum Learning adalah :
a.  Lingkungan
-  Positif
-  Aman dan mendukung
-  Santai
-  Penjelajahan (exploratory)
-  Menggembirakan
b.  Fisik
-  Gerakan dan terobosan
-  Perubahan-perubahan dan permainan
-  Fisiologi dan estafet (hands on)
c.  Suasana
-  Nyaman dan cukup penerangan
-  Enak dipandang
-  Ada musiknya.

Sumber-sumber yang dijadikan acuan adalah :
a.  Interaksi yaitu pengetahuan, pengalaman, hubungan dan inspirasi
b.  Metode yaitu dengan mencontoh, permainan,simulasi dan simbol
c.  Belajar untuk mempelajari keterampilan yaitu dengan cara menghafal, membaca, menulis, mencatat, kreativitas, cara belajar, komunikasi dan hubungan.
Lingkungan belajar yang tepat adalah :
a.  Ciptakan suasana yang nyaman dan santai
b.  Gunakan musik supaya terasa santai, terjaga dan siap untuk berkonsentrasi
c.  Ciptakan dan sesuaikan suasana hati dengan pelbagai jenis musik
d.  Gunakan pengingat-pengingat visual untuk mempertahankan sifat positif
e.  Berinteraksi dengan lingkungan untuk menjadi pelajar yang lebih baik.
Modalitas belajar dalam Quantum Learning mencakup :
a.  Visual yaitu belajar dengan cara melihat
b.  Auditorial yaitu belajar dengan cara mendengar
c.  Kinestetik yaitu belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh.

Quantum Learning merupakan cara pemercepatan belajar. Metode ini dipandang efektif untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan kita. Karena kurikulumnya secara harmonis merupakan kombinasi dari tiga unsur : keterampilan akademis, prestasi fisik dan  keterampilan dalam hidup. Belajar memang harus menyenangkan. Dalam Quantum Learning dibahas cara-cara bagaimana agar belajar bisa menjadi hal yang menyenangkan. Untuk mendukung hal ini maka dipersiapkan lingkungan yang mendukung agar semua yang belajar merasa penting, aman, dan nyaman. Ini bisa dimulai dari lingkungan fisik yang diperindah dengan tanaman, seni dan musik. Setelah metode Quantum Learning diterapkan dalam sistem pengajaran di SuperCamp ternyata memperoleh hasil yang memuaskan, contohnya para siswa yang mempunyai Indeks Prestasi 1,9 atau lebih rendah rata-rata mendapatkan peningkatan satu point. Hal ini membuktikan bahwa metode Quantum Learning telah diuji dan terbukti efektif selama lebih dari sepuluh tahun penerapannya. Tantangan-tantangan fis ik misalnya kekuatan berjalan, suatu olahraga yang sangat menegangkan, dan mematahkan papan digunakan sebagai metafora untuk mempelajari terobosan-terobosan belajar. 

Memang kita harus menyadari bahwa kehidupan pribadi yang harmonis berkaitan erat dengan keberhasilan disekolah,komunitas, dan karier. Untuk mencapai keharmonisan ini kita harus memiliki keterampilan berkomunikasi secara efektif agar mendapatkan integritas pribadi dan menciptakan hubungan yang bermanfaat.Quantum Learning mengakup bidang dan keterampilan seperti bersikap positif, termotivasi, menemukan cara belajar, menciptakan lingkungan belajar yang sempurna, membaca dengan cepat, membuat catatan yang efektif, mempelajari teknik menulis yang canggih, berfikir kreatif dan mengembangkan hafalan yang menakjubkan. Kebanyakan orang akan setuju bahwa masyarakat barat berada dalam perubahan cepat dalam bidang teknologi. Disepanjang menuju kemajuan itu banyak terdapat dilema global yang harus dipecahkan dan dalam diri kita masing-masing terdapat kemampuan untuk mencapai terobosan-terobosan mental menuju keberhasilan. 

Dengan Quantum Learning potensi dalam diri kita akan muncul asalkan ada kemauan dari diri kita. Untuk menjadi pelajar Quantum memang kita harus mampu mengolah informasi dengan cara mengasimilasikannya potongan-potongan materi sekaligus dan mengembangkan
pemahaman kita tentang satuan-satuan kecil untuk mengetahui bagaimana satuan-satuan ini beroperasi dalam skala besar dalam kaitannya dengan faktor-faktor lain. Biasanya kita merasa lebih mudah belajar dengan satu atau lain cara, tetapi yang terpenting adalah mampu melakukan kedua-duanya.
Sebenarnya kita memiliki perangkat mental penting untuk menjadi pelajar Quantum kita harus ingat otak kita secara fisiologi sama dengan Albert Einstein tinggal kita belajar bagaimana membimbingnya menuju keberhasilan. Banyak manfaat yang dapat diambil dari metode ini yaitu bisa belajar menyenangkan misalnya dengan cara sebelum membaca lihat dulu bacaan secara sekilas pada malam sebelumnya dan lihat kembali catatan sebelum memulai pelajaran di sekolah atau melakukan presentasi, memanfaatkan setiap waktu menjadikannya subjek yang menarik, belajar ditempat dan waktu yang teratur, belajar dengan menggunakan musik bisa membantu belajar lebih banyak dengan cara mengendurkan pikiran dan membuat kita selalu siap,
melakukan istirahat lima menit karena belajar yang baik adalah sebelum dan sesudah istirahat, selalu menggunakan kalender untuk mempersiapkan ujian, semua itu bisa mengurangi stress dan mempertajam ingatan dan kita bisa memperoleh lebih banyak dari yang kita harapkan kalau bisa memusatkan pikiran untuk hal itu. Dengan begitu belajar kita akan lebih efektif. 

Metode Quantum Learning ini tidak dapat berjalan sendiri tapi kita yang harus bisa memanfatkannya sesuai dengan potensi yang ada dalam diri kita. Kita bisa menyamakannya dengan sarana atau alat-alat yang berada dibengkel kerja kita, misalnya gergaji kita memerlukan konsentrasi penuh sebelum kita dapat menggunakannya dengan baik. Misalnya membaca dengan kecepatan tinggi dapat dibandingkan dengan keterampilan menggunakan gergaji. Metode Quantum Learning bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk dijadikan kebiasaan agar kita lebih mendisiplinkan diri kita dalam hal belajar, sehingga kita tidak terbebani untuk belajar dan belajar akan terasa menyenangkan.
Yang paling berharga dalam belajar adalah bagaimana cara belajar. Separate contoh disekolah Burklyn kurikulum enam minggu pertama dipergunakan untuk mempelajari keterampilan-keterampilan dasar yang mendasar seperti cara mencatat, menghafal dan membaca cepat. Karena hal ini yang menjadi dasar untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya agar pembelajaran lebih efektif dan lancar. Pada saat yang sama juga sekolah ini berupaya menciptakan suasana aman dan efektif. Cara belajar kita adalah kombinasi dari bagaimana kita menyerap lalu mengatur dan mengolah informasi.Quantum Learning bermanfaat untuk memupuk sikap positif, motivasi, keterampilan, belajar seumur hidup, kepercayaan diri dan sukses. Melihat manfaat  yang didapat dari metode tersebut maka bisa diimplementasikan dalam sistem pendidikan kita. 

Hal-hal yang dapat diimplementasikan adalah teknik-teknik belajar yang terdapat dalam metode Quantum Learning, tapi sebelum menerapkannya pada sistem pendidikan kita metode ini harus disesuaikan  dulu dengan kondisi budaya timur karena metode ini diciptakan dan dikembangkan dengan latar budaya barat.
Metode Quantum Learning diselaraskan dengan cara kerja otak kita. Teknik ini telah teruji dan terukur selama bertahun-tahun dan semuanya berhasil.
a. Quantum Learning merupakan metode yang sangat praktis dan bisa dijadikan pegangan untuk semua golongan usia pelajar, metode ini memberikan kiat-kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses yang dapat menghemat waktu, mempertajam pemahaman daya ingat dan membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Teknik-teknik Quantum learning mampu mengubah sikap banyak orang tentang diri mereka yaitu belajar yang
menakjubkan untuk segala usia.
b.  Yang terpenting dalam Quantum Learning ialah belajar harus menjadi pengalaman yang positif, karena dengan berfikir positif dan menggunakan kemampuan praktisi diri sendiri berarti kita telah memiliki pergeseran mental yang akan mengubah dunia.
c. Metode ini ditujukan untuk membantu kita agar responsif dan bergairah dalam
menghadapi tantangan. Realitas masa kini tak cukup dihadapi dengan kecerdasan akal. Jadi kita harus memunculkan potensi lain dalam diri kita. Metode ini mengajak kita agar lebih mengenali dan merasakan betapa membaca dan menulis amat penting bagi peningkatan kemampuan diri.

2 komentar: